Selasa, 20 November 2012

Tekhnik Dasar Membuat Artikel Di Blogspot

Tekhnik dasar membuat artikel di Blogspot hanya diperuntukkan buat sobat yang sama sekali baru belajar tentang blogging. :-) Mungkin pada saat kamu selesai membuat blog kamu, kamu akan grogi atau bahkan 'demam panggung' untuk membuat sebuah artikel dan tidak tahu harus memulai dari mana. Akan tetapi di sini saya perlu tekankan, hal itu tidak perlu terjadi.

Blogging merupakan sebuah kegiatan di mana kita ingin berbagi sesuatu kepada orang lain atau publik melalui artikel-artikel yang kita publish. Entah itu, ilmu pengetahuan lah, informasi-informasi berupa kesehatan lah, opini atau pendapat kita sendiri tentang suatu kejadian lah, atau hanya sekedar ingin curhat kepada pengunjung blog kita. Semua itu boleh kita lakukan sepanjang artikel-artikel yang kita buat dan dipublish tidak menyinggung seseorang atau kelompok atau hal-hal yang berbau SARA. Apalagi sampai menghasut kepada sebuah kelompok.

Di dalam membuat sebuah artikel, kamu harus memiliki ide-ide yang ingin kamu tuangkan ke dalam tulisan kamu. Pilihlah topik-topik menarik yang kira-kira bisa membuat pengunjung mau membaca 'sampai habis' artikel yang kamu buat. Artikel tidak perlu terlalu panjang, singkat, jelas dan berbobot. Dengan kata lain, informasi yang ingin kamu sampaikan tidak bertele-tele.

Oke, kita langsung masuk pada tekhnik dasar mempublish artikel :
  1. Login terlebih dahulu ke dalam Blogger dengan akun kamu.
  2. Pilih blog kamu.
  3. Setelah masuk pada tampilan Dashboard, pilih menu Entri Baru.
Nah sampai pada langkah ketiga di atas, kamu sudah bisa langsung mulai menulis artikelnya. Buatlah sebuah judul dari artikel yang ingin dibuat. Pada bagian Setelan entri, hal-hal pokok yang harus diperhatikan adalah pada bagian Label, Jadwal, Tautan permanen, Deskripsi Penelusuran dan Pilihan.

Tekhnik Dasar Membuat dan Mempublish Artikel Di Blogspot


Pada bagian Label, buatlah sebuah label atau kategori artikel. Ini difungsikan untuk mengelompokkan artikel-artikel yang telah dibuat. Misalnya kamu membuat sebuah artikel tentang olahraga, buatlah label olahraga. Nantinya, artikel-artikel kamu yang memiliki topik olahraga dan dibuat dalam kategori / label olahraga, akan dikumpulkan menjadi satu dalam kategori / label olahraga tersebut. 

Sedangkan pada bagian Jadwal,  di sini kamu bisa melakukan penjadwalan kapan sebuah artikel akan dipublish. Kamu bisa mengfungsikannya juga bila suatua saat kamu membutuhkan sebuah dari artikel kamu agar tampak seperti Sticky post.

Kemudian pada bagian Tautan permanen, di sini kamu bisa mengedit atau mengkustom url artikel kamu. Url otomatis akan diambil dari judul postingan. Kamu bisa mengubah atau mengkustom url artikel agar menjadi lebih singkat atau rapi, misalnya url http://namakamu.blogspot.com/2012/11/cara-menghilangkan-tulisan-diberdayakan-oleh.html diubah menjadi http://namakamu.blogspot.com/2012/11/menghilangkan-tulisan-diberdayakan-oleh-blogger.html.

Pada bagian Deskripsi penelusuran, kamu bisa memasukkan sebuah kalimat deskripsi yang menerangkan isi dari artikel yang kamu buat dan deskripsi tersebut akan muncul pada mesin pencarian Google.

Yang terakhir pada bagian Pilihan, di sini kamu bisa memberi instruksi apakah artikel kamu nantinya akan menerima komentar atau tidak dari pengunjung.

Nah itulah bagian-bagian penting yang harus diperhatikan di dalam membuat sebuah artikel dengan menggunakan blog dari Blogger. Silahkan mencoba !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maaf ya, komennya disimpan dulu. Komen yang baik dan sesuai topik, pasti akan dipublish. Dan jangan masukkan link di kotak komen ya. Makasih.