Sabtu, 15 September 2012

Cara Membuat Blog

Apa itu blog? Bagaimana cara membuat blog? Pertanyaan seperti ini tentu saja mempunyai keterkaitan satu sama lain. Di sini saya akan menjelaskan secara sederhana apa yang dimaksud dengan blog dan bagaimana cara membuat blog.

Blog adalah sebuah aplikasi web yang dirancang dengan berbagai kemudahan  untuk pemilik blog meletakkan atau mempublish berbagai artikel yang dapat di akses melalui jaringan internet. Dengan memiliki sebuah blog, pemilik blog atau yang lebih sering disebut sebagai Blogger bisa menyampaikan berbagai macam karya tulis, seperti berupa informasi-informasi penting, berbagi ilmu pengetahuan yang dia miliki dan sebagainya kepada pengunjung blog. Bahkan dalam prakteknya, tidak sedikit Blogger yang menggunakan blog hanya sekedar untuk curhat. Hem.... Itu tentu boleh-boleh saja.

Pertanyaan selanjutnya, apa manfaatnya bila kita memiliki sebuah blog? Nah kalau berbicara soal manfaat, tentu sangat banyak. Dengan memiliki sebuah blog, sudah jelas kita akan semakin mengenal atau mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan dunia blogging. Selain itu, dengan memiliki sebuah blog, seseorang lebih bisa menjalin persahabatan baik dengan pengunjung blog maupun sesama Blogger yang tersebar di seluruh Indonesia. Tidak hanya itu saja, dengan memiliki blog, kita juga bisa mendapatkan berbagai penghasilan melalui blog yang kita kelola. Misalnya, blog kamu dipakai untuk mengiklankan suatu produk atau bila kamu sudah memiliki akun Adsense Google, blog kamu juga bisa menghasilkan dollar dengan menayangkan iklan PPC ( Pay Per Click ),



Sangat menarik bukan, bila kamu memiliki sebuah blog pribadi? Tertarik untuk memiliki sebuah blog? Apakah sangat sulit untuk mendapatkan sebuah blog? Jawabannya tidak. Bahkan kamu bisa memiliki sebuah blog tanpa harus mengeluarkan sepeser pun alias gratis.

Saat sekarang ini, ada tersedia banyak jenis blog yang bisa kamu pergunakan dengan bebas dan untuk membuatnya pun tidak memerlukan waktu lebih dari lima menit. Umumnya jenis blog yang sering dipergunakan oleh seorang Blogger adalah blog yang berplatform Blogger dan Wordpress. Baik Blogger maupun Wordpress sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya. Namun untuk yang ini, kita akan membahasnya di artikel mendatang.

Di tutorial ini, kita akan meencoba membuat sebuah blog yang merupakan produk dari Google yakni Blogger. Untuk membuat sebuah blog dari Blogger, kamu harus memiliki sebuah akun Google. Bila kamu belum memiliki akun Google, silahkan mendaftarkannya di sini terlebih dahulu.

Nah, setelah kamu memperoleh sebuah akun Google, langkah selanjutnya adalah dengan mengakses ke blogger.com. Bila belum log in, silahkan log in dulu dengan akun Google kamu. Kemudian kamu akan di bawa ke tampilan dashboard Blogger seperti pada contoh gambar di bawah ini :

cara membuat blog

Pada contoh gambar di atas, klik tab 'buat blog', setelah itu kamu akan masuk pada halaman pembuatan blog. Langkah pertama adalah menentukan judul blog. Kemudian langkah kedua adalah pemilihan nama domain blog yang kamu inginkan. Misalnya : namakamu.blogspot.com. Langkah berikutnya adalah memilih template blog. Pilih salah satu template yang sesuai selera kamu. Terakhir adalah klik selesai.

Selamat ! Kini kamu telah memiliki sebuah blog dan selanjutnya kamu bisa mencoba membuat dan mempublish sebuah atau beberapa artikel yang kamu tulis. Selamat mencoba !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maaf ya, komennya disimpan dulu. Komen yang baik dan sesuai topik, pasti akan dipublish. Dan jangan masukkan link di kotak komen ya. Makasih.