Rabu, 21 November 2012

Mensubmit Blog Di Google Webmaster Tools

Mensubmit Blog Di Google Webmaster Tools
Seberapa penting kah mensubmit blog di Google Webmaster Tools ?? Tentu saja jawabannya penting sekali. Google Webmaster Tools merupakan sebuah tools yang paling vital yang disediakan Google untuk para webmaster / pemilik situs atau blog di mana dengan alat webmaster tersebut, pemilik situs atau blog bisa mengolah, mengontrol serta menganalisa data-data yang berhubungan dengan situs atau blog.

Dengan adanya Google Webmaster Tools, para webmaster akan dapat mengamati kinerja dari pada situs / blog nya di mesin penelusuran. Selain itu fitur submit url, pemblokiran url , penghapusan url, menampilkan data-data link tertaut dan masih banyak lagi fitur yang tersedia yang bisa dimanfaatkan seorang webmaster di alat webmaster.

Untuk menambahkan situs atau blog ke dalam alat webmaster serta memverifikasi kepemilikan blog pun saya kira tidak terlalu sulit karena penggunaannya yang cukup mudah. Ada beberapa metode atau cara yang bisa dipergunakan di antaranya, metode yang disarankan dan metode alternatif. Umumnya, verifikasi situs / blog yang menggunakan metode yang disarankan adalah diperuntukkan para webmaster yang memiliki self hosting ( baca : host sendiri ) sedangkan verifikasi situs / blog dengan metode alternatif masih terbagi menjadi tiga cara yakni dengan menggunakan meta tag, penyedia domain atau Google Analytic.

Pada kesempatan ini, kita akan mencoba mempraktekkan verifikasi blog dengan metode yang paling sederhana dan gampang serta dengan asumsi kamu menggunakan blog dari Blogger. Untuk melakukan verifikasi ke dalam Google Webmaster, pertama-tama hal yang harus dilakukan adalah melakukan login di http://google.com/webmasters/. Bila blog kamu belum dimasukkan atau ditambahkan ke dalam alat webmaster, kamu bisa menambahkan situs atau blog kamu yang ingin dikelola. Klik tombol Tambahkan Situs yang terletak di sebelah kanan atas. Selanjutnya kamu disuruh untuk memasukkan url blog kamu.

Pada tahap berikutnya adalah memverifikasi kepemilikan blog. Pilih metode alternatif, kemudian pilih Tag HTML  Salin meta tag yang telah disediakan, contohnya
<meta name="google-site-verification" content="WB-2U-8gd3ornYu-LXip0ieHb2JQeppWNALyi18snvQ" />

Langkah berikutnya adalah lakukan login ke Blogger, pilih blog yang telah ditambahkan pada alat webmaster, kemudian pilih Template, Edit HTML, centang Expand Template Widget, lalu letakkan kode meta tersebut di antara tag heading. Contohnya :

<html>
<head>
<meta name="google-site-verification"content="WB-2U-8gd3ornYu-LXip0ieHb2JQeppWNALyi18snvQ" />
<title> Judul Blog </title>
</head> 
<body>
isi laman
</body>
</html>

Silahkan klik tombol verifikasi sebagai tahap akhir verifikasi kepemilikan blog. Selesai.

Catatan :
Pada contoh verifikkasi kepemilikan blog di atas adalah bagi kamu yang menggunakan Blogger atau Blogspot, akan tetapi bukan merupakan akun Blogger yang tidak terhubung / tertaut secara langsung dengan akun Google Webmaster. ( beda akun Googlenya ). Bila kamu menggunakan akun yang sama, baik untuk Blogger dan Google Webmaster, blog kamu akan ditambahkan secara langsung tanpa harus melakukan verifikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maaf ya, komennya disimpan dulu. Komen yang baik dan sesuai topik, pasti akan dipublish. Dan jangan masukkan link di kotak komen ya. Makasih.